Senin, 22 Mei 2017

Ulasan 2 - Cryptography: The Science of Making and Breaking Codes

Dalam postingan ini saya telah mengulas video berjudul Cryptography: The Science of Making and Breaking Codes yang diunggah pada Youtube Channel SciShow dan memiliki durasi 8 menit 20 detik dan dapat diakses melalui link https://youtu.be/-yFZGF8FHSg.Video tersebut diunggah pada tanggal 06 Agustus 2015 dan sudah ditonton 588,613 kali saat ulasan ini dibuat.
https://www.youtube.com/watch?v=-yFZGF8FHSg

untuk membuka pesan yang sudah di enkript dengan cypher maka harus digunakan key atau mencobaselueuh kombinasi yangmungkin.
caesar cypher adalah cypher yang rulenya mengganti suatu alfabet dengan alfabet lain.
Sehingga memudahkan orang untuk mencoba crack kode key kafena hanya 25 permutasi/kombinasi.
Contoh teknologinya adalah enigma machine digunakan pada peramg dunia untuk mengirimkan pesan rahasia. Alan turing.

Video tersebut menjelaskan mengenai Kriptografi. Kriptografi merupakan suatu sarana untuk mengirimkan pesan dengan suatu kode yang ditranslasikan (dienkripsi) dan perlu ditranslasikan pula (dekripsi) untuk dibuka/baca kembali. Kriptografi terdiri dari 2 poin utama, yaitu cypher dan key. Cypher merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk mengencode informasi yang dikirimkan dalam pesan kriptografi. Sedangkan key adalah yang memberitahu cara menyusun aturan-aturan yang telah diencode. Untuk mebuka pesan yang sudah dienkripsi maka diperlukan key. Namun, ada cara lain selain menggunakan key, yaitu mencoba seluruh kombinasi yang mungkin digunakan untuk enkripsi data. Ada yang dinamakan caesar cypher, yaitu cypher yang aturannya sederhana sekali, dengan mengganti sebuah alfabet dengan alfabet lain, sehingga memudahkan orang lain untuk mencoba crack kode key karena key tersebut hanya memiliki 25 kemungkinan permutasi/kombinasi. Contoh teknologi enkripsi yang terkenal yaitu mesin Enigma buatan Alan Turing yang digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia pada saat perang dunia. 

Menurut saya video ini menjelaskan Kriptografi secara singkat namun sangat jelas. Video ini memberikan menggunakan bahasa inggris yang sederhana sehingga dapat mudah dimengerti. Video ini disampaikan dengan gambar dan penjelasan verbal oleh pengisi videonya.

Github Account: pbprameshwara
URL Ulasan: http://ostugasku.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-cryptography-science-of-making.html
URL Video: https://youtu.be/-yFZGF8FHSg
Video Author: SciShow
Pemetaan: week01
Revisi Pertama: 22 Mei 2017
Revisi Terakhir: 22 Mei 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar