Senin, 22 Mei 2017

Ulasan 1 - The Three Ways to Cloud Compute

Dalam postingan ini saya telah mengulas video berjudul The Three Ways to Cloud Compute yang diunggah pada Youtube Channel ExplainingComputers dan memiliki durasi 7 menit 9 detik dan dapat diakses melalui link https://youtu.be/SgujaIzkwrE.Video tersebut diunggah pada tanggal 30 May 2010 dan sudah ditonton 504.431 kali saat ulasan ini dibuat.

Video tersebut menjelaskan mengenai Cloud Computing. Cloud computing awalnya dikembangkan karena kebutuhan perusahaan akan skalabilitas yang baik dalam layanan infrastruktur IT. Cloud computing datang untuk mengoptimalisasi hal tersebut. Cloud computing service membantu perusahaan/penggunanya dengan cara menyediakan infrastruktur IT berupa software ataupun hardware hanya dengan melalui internet storage. Pengguna hanya perlu terkoneksi dengan cloud untuk menggunakan resourcesnya. Biasanya pengguna hanya perlu membayar per kapasitas storage. Ada 3 jenis cloud computing yaitu Infrastructure as a Service (Iaas), Platform as a Service (Paas), dan Software as a service (Saas). Perbedannya terletak pada apa yang disediakan. Iaas menyediakan infrastuktur berupa computing power dan storage capacity yang akan menjadi hosting environtment dari aplikasi pengguna. Paas menyediakan sarana untuk mengembangkan/menjalankan/memanage aplikasi tanpa harus memikirkan infrastruktur. Sedangkan, Saas menyediakan aplikasi yang akan digunakan pengguna tanpa harus menginstall, hanya perlu melalui internet.

Menurut saya video ini menjelaskan Cloud Computing secara singkat namun cukup jelas. Video ini memberikan penjelasan verbal dan gambar serta tulisan sehingga dapat membuat penontonnya dapat mengerti dengan baik. Bahasanya pun cukup sederhana sehingga orang yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua pun masih bisa mengerti dengan baik.

Github Account: pbprameshwara

URL Ulasan: http://ostugasku.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-three-ways-to-cloud-compute.html
URL Video: https://youtu.be/SgujaIzkwrE
Video Author: ExplainingComputers
Pemetaan: week09
Revisi Pertama: 22 Mei 2017
Revisi Terakhir: 22 Mei 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar